Home news Kasus Habib Rizieq di Kembalikan Pengadilan

Kasus Habib Rizieq di Kembalikan Pengadilan

15
0
SHARE
kasus habib rizieq di kembalikan pengadilan

Kasus Habib Rizieq di kembalikan Pengadilan karena masih belum lengkap katanya, dan kemungkinan besar akan dinaikan lagi apabila semua berkas sudah lengkap. Pengadilan Tinggi Jawa Barat mengembalikan kasus dugaan penodaan Pancasila dan pencemaran nama baik Soekarno yang di laporkan oleh Sukmawati.

Setia Untung Arimuladi sebagai kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat mengembalikan karena menurutnya belum ada berkas yang bisa membuktikan 100% bahwa Rizieq bersalah yang dikenal dengan istilah P19.

Berkas yang diterima pada tanggal 2 mei 2017 masih harus disempurnakan, karena masih ada beberapa syarat formil dan materil yang harus dilengkapi, ungkap Kejaksaan Tinggi.

Apakah syarat formil dan materil? syarat formil adalah bukti yang terlihat niat tersangkat sedangkan materil adalah pelanggaran pasal yang diajukan oleh pihak pelapor. Kekurangan 10 butir untuk syarat formil harus dilengkapi dan 9 butir untuk syarat materil.

kasus habib rizieq di kembalikan pengadilan

Kasus Habib Rizieq di Kembalikan Pengadilan Tinggi Jawa Barat

Kasus Habib Rizieq di kembalikan pengadilan tinggi Jawa Barat karena masih belum memenuhi beberapa syarat. Kelengkapan formi yang terkain dengan tanggal harus disempurnakan dan sesuai dengan tingkah laku yang dapat dipertanggungjawabkan oleh bersangkutan sebagai tersangka serta nama-nama.

Tidak ada batas waktu untuk tim penyidik apabila ingin melengkapi berkas tersebut, namun ia berharap bahwa Polda Metro Jawa Barat bisa secepat mungkin untuk melengkapi agar proses hukum bisa dilanjutkan dan dinaikan ke pengadilan.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat sudah menemui Sukmawati Soekarnoputri sebagai pihak pelapor untuk mengembalikan berkas tersebut dan beberapa penjelasan sudah diberikan kepada Sukmawati agar melengkapi berkas pelaporan agar bisa menaikan kasus ini ke pengadilan untuk disidang.

Pertemuan yang dilakukan secara tertutup berlangsung selama kurang lebih 40menit ditanggapi dengan sikap yang sopan oleh Sukmawati dan dia berharap dalam waktu dekat semua berkas terkumpul dan bisa dinaikan.

Hilangnya Ketua FPI Rizieq Shihab juga ditanggapi oleh putri almarhum Presiden Soekarno, bahwa hilangnya Rizieq membuktikan kalua dirinya tidak bertanggung jawab atas perbuatan dan ucapannya, seharusnya sebagai ketua FPI harus bisa memberi contoh baik dan bertanggung jawab, bukan menghindar.

Dalam kasus ini masih diperlukan beberapa bukti untuk memanggil Rizieq ke meja pengadilan jika memang sudah lengkap maka pihak pengadilan tidak segan-segan memanggil Rizieq untuk disidang, ungkap Kombes Pol Martinus Sitompul kepada agenberita

Leave a Reply